Jurnalistik selalu menarik untuk dipelajari. Aku senang sekali belajar belajar tentang jurnalistik. Mempelajarinya seakan mataku terbuka akan hal-hal yang ada di sekitarku. Biarpun bukan wartawan, tapi aku tetap bisa kritis mengikuti perkembangan berita di sekelilingku. Salam, Dudi.
Medium Jurnalisme Warga
- Radio
- Televisi
- Online
- Blog
- Twitter
- Dll
Jurnalisme Warga : Jurnalisme yang menempatkan warga sebagai subyeknya.
Fungsi Media
- Ruang Publik→ Ruang yang hanya relevan untuk membicarakan urusan public dan yang membahas adalah semua orang atau secara bersama-sama
- Institusi Sosial → Media didirikan atas kepentingan public dan yang mengembannya adalah public itu sendiri
Isi Media sebagai Ruang Publik
1. Isi yang menyangkut ruang public (berita)
- Berita
- Wawancara
- Talkshow Parameter
- Nilai berita
- Kode etik
2. Non Berita (Non Privat)
- Opini : sebuah rubrik yang disediakan oleh media untuk menulis pendapatnya
- Surat Pembaca
- Tajuk Rencana : sikap media terhadap isu tertentu
- Iklan
Parameter
- Kepantasan ruang publik : menggunakan bahasa yang benar,tidak keluar dari jalur yang sudah ditentukan dll.
- Kode etik
- Proposionalitas (tidak berlebihan)
Nilai Berita
- Aktualitas
- Akurasi : Tidak mengarang
- Keberimbangan
- Relevansi Publik : Harus relevan dengan kebutuhan membacanya
- Prominensi : Menyangkut
Oleh : Layly Hasanah - 915070097
Medium Jurnalisme Warga
- Radio
- Televisi
- Online
- Blog
- Dll
Jurnalisme Warga : Jurnalisme yang menempatkan warga sebagai subyeknya.
Fungsi Media
- Ruang Publik→ Ruang yang hanya relevan untuk membicarakan urusan public dan yang membahas adalah semua orang atau secara bersama-sama
- Institusi Sosial → Media didirikan atas kepentingan public dan yang mengembannya adalah public itu sendiri
Isi Media sebagai Ruang Publik
1. Isi yang menyangkut ruang public (berita)
- Berita
- Wawancara
- Talkshow Parameter
- Nilai berita
- Kode etik
2. Non Berita (Non Privat)
- Opini : sebuah rubrik yang disediakan oleh media untuk menulis pendapatnya
- Surat Pembaca
- Tajuk Rencana : sikap media terhadap isu tertentu
- Iklan
Parameter
- Kepantasan ruang publik : menggunakan bahasa yang benar,tidak keluar dari jalur yang sudah ditentukan dll.
- Kode etik
- Proposionalitas (tidak berlebihan)
Nilai Berita
- Aktualitas
- Akurasi : Tidak mengarang
- Keberimbangan
- Relevansi Publik : Harus relevan dengan kebutuhan membacanya
- Prominensi : Menyangkut
Oleh : Layly Hasanah - 915070097
Post a Comment