Menonton film adalah hobiku. Oleh karena penasaran, aku mengunjungi seorang pakar film dokumneter. Pertemuan ini sangat berkesan, karena yang kutemui adalah dosen asing, yang bernama Mr. Erick. Beliau adalah warganegara Australia. Diajar belia, sangat mengasyikkan! -Dudi-


Film dokumenter merupakan suatu bentuk cerita yang menampilkan kehidupan mengenai sejarah seorang pahlawan, perjalanan liburan, atau dokumenter mengenai kehidupan anak-anak jalanan. Film documenter disebut sebagai media yang menginformasikan suatu peristiwa secara berurutan dari awal hingga akhir. Memiliki budget yang tidak sedikit bagi yang professional dan bagi pemula cukup mengandalkan peralatan dengan budget yang tidak tinggi. Hal terpenting dalam film dokumenter adalah pesan bisa tersampaikan kepada banyak orang mengenai peristiwa yang di dokumenterkan. Secara ilmu jurnalistik, film dokumenter dijadikan sebagai informasi ringan mengani topik-topik yang menarik seperti wisata kuliner, perjalan kisah anak-anak kecil dan lain sebagainya. Biasanya film dokumenter ini disajikan dalam bentuk media elektronik agar publik dapat menyaksikan dengan melihat bagaimana kehidupan yang ada di lingkungan sekitar melalui film dokumenter.


Ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam proses produksi film dokumenter, yaitu ada pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Pra produksi adalah proses dalam pembuatan film dokumenter sebelum produksi dilakukan yang biasanya dikerjakan adalah mempersiapkan peralatan, budget yang dibutuhkan, presenter ( bila diperlukan ), hunting tempat, naskah cerita. Untuk produksi merupakan proses berlangsungnya produksi film dokumenter setelah persiapan yang matang, dimana adanya pengmbilan adegan (shooting), mengambil rekaman adegan sebanyak-banyaknya untuk mengetahui bagian apa yang masih kurang dan perlu diperbaiki. Kemudian pasca produksi adalah proses pengeditan data yang sudah dilakukan selama produksi atau biasa disebut finishing.


Di dalam film dokumenter dibutuhkan seorang produser untuk menjadi penanggung jawab dan pelaksana. Dibutuhkan juga kru atau anggota pendukung pembuatan film dokumenter guna menghasilkan film yang maksimal dan berkualitas. Waktu pembuatan sebuah film dokumenter bisa diblang cukup lama sekitar 2-3 minggu karena proses pengeditan dan proses pengambilan gambar membutuhkan waktu cukup banyak dalam pengerjaannya. Banyak hal yang harus diperhatikan agar meminimalisasi kesalahan, yaitu bekerja saling gotong royong sesama kru atau anggota pendukung, perlu persiapan peralatan yang baik agar kesalahan tekhnis bisa dihindari, dan memiilki ide-ide yang menarik serta mampu menganalisa suatu kejadian dilapangan apabila terjadi gangguan-gangguan alam seperti bencana alam. Oleh karena itu, diperlukan anggota-angggota yang telah memiliki keahlian dibidangnya, seperti ahli dalam bidang sutradara, pengambilan gamabar, dan orang-orang yang mau bekerja keras (bagi professional). Untuk pemula cukup dibutuhkan 5 anggota dalam membuata film dokumenter mini, dimana durasi berkisar 30 menit. Anggota tersebut juga harus cakap dalam bekerja agar hasil yang diinginkan bisa tercapai.





Oleh: Putu Arjun (915070161)
Labels: | edit post
0 Responses

Post a Comment