Cerita Dari Film Dokumenter
Oleh: Putu Arjun (915070161)


Film dokumenter bisa menampilkan sebuah cerita yang menarik dan unik. Memberikan kesan yang lebih inovatif dan terkadang memberi inovasi bagi yang menontonnya. Ada banyak hal yang bisa diambil ilmunya dari mengetahui film dokumenter, bisa mengetahui hal-hal yang tadinya tidak pernah dilhat oleh masyarakat luas, seperti kehidupan pengemis di kota Jakarta. Mengetahui pesan dari yang disampaikan oleh film dokumenter.


Sebuah film dokumenter dapat menjadi ukuran akan gambaran hidup yang ada disekitar kita. Menurut saya, film dokumenter adalah hal yang positif dan mampu membangun suatu image yang menarik bagi semua orang. Bagaimana tidak, film dokumenter bisa menjadi berita penting bagi dunia politik seperti film dokumenter mengenai sejarah kemerdekaan Indonesia. Hal ini tentu sesuatu yang berharga bagi bangsa kita, melihat kembali ketika pahlawan kita berjuang merebut kemerdekaan.


Menyangkut hal secara umum, film dokumenter memberikan dampak yang sangat besar bagi pertumbuhan dunia jurnalistik, dimana dengan adanya sebuah film dokumenter berarti sebuah sejarah mampu terjaga dengan baik. Dengan memililki beragam sejarah, tentunya film dokumenter bisa menjadi panduan dalam mengingat kembali apa yang terjadi pada waktu dahulu. Selain itu, ada bentuk dokumenter berupa informasi ringan seperti wisata kuliner yang menurut pandangan saya sangat menarik dan penuh kreatifitas. Kita bisa mengetahui beraneka ragam makanan khas asli Indonesia yang ada diseluruh Nusantara sehingga suatu kebudayaan tidak mati jadinya.


Suatu yang membanggakan jika bisa membuat sebuah film dokumenter, karena kita akan merasa telah mengangkat suatu hal yang bersejarah atau hal yang paling inovatif. Sebagai orang yang awam, tentunya budget adalah kendala terbesar yang setiap saat selalu membayangi dalam pembuatan film dokumenter. Hal itu terjadi sebab masih membutuhkannya banyak peralatan yang baik dan modern, lalu perlu memiliki keterampilan yang handal dalam membuat film dokumenter sehingga menghasilkan film dokumenter yang memiliki makna berharga di masyarakat umum.


Itulah pandangan dan analisa saya mengenai film dokumenter. Banyak cerita dan sejarah yang akan terungkap dari sebuah dokumenter.


0 Responses

Post a Comment